Delapan Peserta Masuk Semi Final Kompetisi Internasional Surfing Rip Curl Cup Padang – Padang Bali 2018

0
204

Bali, fesbukbantennews.com (16/7/2018) ; Padang Padang kembali bergelora setelah lama tertidur untuk memulai putaran pembukaan Rip Curl Cup 2018 pada hari Minggu ini. Gelombang dari arah barat daya membawa gulungan ombak setinggi 6-8 kaki ke lepas pantai paling ikonik di Bali dengan pasang surut di sore hari yang ekstrim dan membuat banyak drama – dan pembantaian – ketika para kompetitor mencoba bertahan dari serangan ombak ganda dan berusaha menghindari karang kering yang tajam di pesisir pantai. 

Penmpilan peserta dari Australia Josh Kerr .

Setelah menyelesaikan putaran 1 dan 2 dengan kondisi yang epik, kedelapan surfer yang tersisa berpotensi melanjutkan kompetisi dan berkesempatan untuk memenangkan Rip Curl Cup 2018 pada Senin pagi. Atau sebagai alternatifnya, gelombak ombak raksasa akan menerjang Indonesia pada hari Kamis, tanggal 19 Juli 2018 dan ketua penyelenggara sedang mempertimbangkan untuk menyelesaikan kompetisi surfing yang bergengsi ini pada hari Kamis tersebut.

Kompetisi ini dimulai dengan 16 surfer handal yang terbagi menjadi 8 surfer terbaik dunia dan 8 surfer top spesialis Padang Padang asal Indonesia dan sekarang hanya tersisa setengahnya saja. Hasilnya juga masih seimbang antara surfer lokal dan juga surfer pendatang, namun pemain yang paling menonjol pada hari pertama ini adalah sepasang senjata muda asal Australia Barat, yaitu Jacob Wilcox dan Jack Robinson.

Di putaran pembukaannya hari ini, Robinson berhasil mengumpulkan nilai tertinggi dengan sebuah gulungan ombak ganda yang berhasil membuat para penonton riuh diatas tebing dan mendapatkan nilai 9,7 dari para juri. Dia juga menambahkan nilai 8,75 dengan gulungan ombak yang sangat mengesankan, menggabungkan total nilai dari ketiga pesaingnya. Robinson lalu kembali mengumpulkan nilai 8,75 di putaran kedua dan langsung melaju ke babak semifinal.

“Anda harus sedikit berhati-hati disana,”kata Robinson. “Kita memiliki ombak yang baik pada heat pertama dan juga dengan kondisi yang sangat baik, namun pada saat heat kedua sangatlah kurang. Ini merupakan keberuntungan dari undian di luar sana karena Anda tidak akan tahu apa yang akan Anda dapatkan dari setiap gelombang ombak air surut yang sangat rendah. Tapi saya sudah menyelesaikan, dan itu adalah yang terpenting.”

Willcox, sementara itu, berseluncur secara berturut-turut dalam total waktu 1 jam. Dia juga berhasil memenangkan keduanya dan berhasil menjinakkan gelombang ombak dengan nilai gabungan tertinggi dari putaran 1 dan putaran 2 pada hari ini.

“Saya pikir ini adalah kedua kalinya saya berselancar menyusuri ombak secara berturut-turut tanpa istirahat di Rip Curl Cup,” kata Willcox. “Tetapi itu berjalan dengan baik. Ketika saya pertama kali mendayung, saya mendapatkan ombak yang sempurna, tetapi saya perhatikan bahwa ombak itu melaju terlalu cepat. Pesaing lokal yang mendampingi saya, Ketut, mengatakan kepada saya untuk mengambil kumpulan ombak pertama dan informasi itu sangatlah berharga. Ombak pertama memang jauh lebih baik. ”

Kompetisi di putaran 1 hari Minggu ini bukanlah babak eliminasi. Kedelapan surfer yang memiliki nilai gabungan tertinggi dari putaran 1 dan putaran 2 lah yang akan maju ke babak semifinal.

Para surfer dan ketua penyelenggara akan berkumpul kembali di Padang Padang pada hari Senin tanggal 16 Juli 2018 pukul 6 pagi untuk kemungkinan memulai babak semifinal pada pukul 7 pagi waktu Bali. Kumpulan ombak setinggi 6-kaki terus menerjang karang di Padang Padang pada hari Minggu malam yang gelap, menjanjikan lebih banyak gulungan ombak untuk hari Senin pagi. Namun ombak yang jauh lebih besar – bahkan mungkin akan terlalu besar untuk Padang Padang  akan menghantam Indonesia pada hari Kamis, tanggal 19 Juli 2018, dan bertahan untuk ombak kedua ini juga akan menjadi satu kemungkinan.

Robinson, bintang di hari pertama ini berharap bahwa ketua penyelenggara akan menunggu ombak raksasa yang datang pada hari Kamis mendatang untuk menutup kompetisi Rip Curl Cup 2018.

“Jika ombaknya terlalu besar, itu akan lebih baik daripada terlalu kecil,” kata Robinson.“Beberapa diantaranya pasti akan ada yang benar-benar bagus.”

Berikut ini adalah nama para surfer yang berhasil masuk ke babak semifinal:

Semifinal 1
Jacob Willcox (AUS)
Bruno Santos (BRA).

Agus “Blacky” Setiawan (IND)

Made Adi Putra (IND)
Semifinal 2
Jack Robinson (AUS)
Mega Semadhi (IND)
Josh Kerr (AUS)
Garut Widiarta (IND).(LLJ).