Damkar Banten Gelar Simulasi Tanggap Darurat dan Evakuasi Bencana Kebakaran

0
171

Serang, fesbukbantennews.com (27/3/2018) – Untuk meningkatkan pengetahuan anggota pemadam dan relawan , serta meningkatkan masyarakata guna meminimalisir korban dan menyebarnya kebakaran akibat bencana kebakaran,Satpol PP Provinsi Banten bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) menggelar simulasi tanggap darurat dan evakuasi bencana kebakaran di pancaniti KP3B ,Curug ,kota Serang, Selasa (27/3/2018).

Peserta Simulasi Tanggap Darurat dan evakuasi bencana kebakaran di provinsi Banten.

Kabid Damkar Satpol PP Provinsi Banten Asep Mulya Hidayat dalam sambutannya mengatakan simulasi tanggap darurat dan evakuasi bencana kebakaran sangat penting dilaksanakan. Hal tersebut supaya para anggota Damkar, relawan dan masyarakat mengetahui bagaimana caranya bertindak saat terjadi kebakaran.
“urusan pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah salah satunya adalah terkait dengan kebakaran. Dan
Bencana dan Kebakaran telah menjadi urusan wajib terkait pelayanan dasar Pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelengaraan urusan dimaksud sesuai dengan skala pasal 12 ayat (1) UU 23/2014,” kata Asep.
Asep menjelaskan, pemerintah daerah menjadi penanggungjawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, sebagaimana yang ada pada pasal 5 UU Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

” saya harapkan, dengan kegiatan ini anggota Damkar, relawan dan masyarakat lebih memahami melakukan Tanggap Darurat bencana dan melakukan evakuasi korban. Serta mengerti lebih jauh menggunakan alat pemadam kebakaran, ” tegasnya.

Sementara, dalam acara sosialisasi yang diikuti oleh petugas damkar kota dan kabupaten se-Banten, Relawan sosial ,PMI dan lembaga lainnya, peserta dibekali seputar tentang Kebakaran antara lain :

1. Mengidentifikasi sumber-sumber kebakaran, tanggap darurat dan penangannya.

2. Melaksanakan pemadaman kebakaran dengan menggunakan prinsip pemadaman api.

3. Mengidentifikasi alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran.

4. Mampu menggunakan alat-alat pemadam kebakaran khususnya Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Selain itu juga dijelaskan mengenai ciri kondisi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang siap pakai , mengetahui Jenis – Jenis Media yang mudah terbakar, cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tepat dan benar.(Ajat/LLJ).