Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » BWF : Hentikan Abrasi Mulai dari Sekarang

BWF : Hentikan Abrasi Mulai dari Sekarang

Serang, FESBUKBANTEN News  (8/2/2015) –  Mulai terjadinya abrasi di beberapa wilayah pesisir pantai dan muara yang disebabkan ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Berdampak mulai berkurangnya beberapa sumber daya laut seperti ikan dan udang. Salah satu komunitas mancing, Banten Wild Fishing (BWF) bersama warga setempat pun akhirnya turun tangan menyelamatkan sumber daya lauttersebut dengan menyebar tanaman mangrove. 

“Padahal dengan semakin berkurangnya tanaman mangrove di pesisir pantai maupun muara, berdampak terhadap berkurangnya populasi ikan dan udang,” ungkap WakilKetua BWF, LA, Sabtu (7/2/2015) kemarin.

Menurutnya, Ada sekitar 10.000 batang pohon bakau yang siap ditanam (sebagian sudah ditanamkan), yang berguna untuk menangkal abrasi dan menjaga sumber daya laut. Tujuandari penanaman pohon sebagai tempat habitat sumber daya ikan. Karena keberadaan bakau di Muara Kebayungan sudah banyak yang rusak. Bahkan kondisi inimenyebabkan beberapa wilayah pantai dan muara mengalamai abrasi. “Untukmenjaga kelangsungan perkembangbiakan ikan dan udang makanya kami lakukanpenanaman bakau,” jelasnya.

Untuk tetap menjaga agar mangrove yang sudah ditanam tadi maupun yang sudah ada sejaklama, pihaknya juga telah menghimbau kepada masyarakat melalui sosialisasiuntuk menjaga kondisi mangrove yang ada. “Masyarakat maupun pemancing jangan lagi menebang bakau yang ada, memang sekarang ini sebagian masyarakatsudah sadar untuk tidak melakukan penebangan bakau, mari kita jaga kelestarianalam kita,” bebernya.

Diungkapkannya, panjang daerah pesisir di Kebayungan mencapai puluhan kilometer. “Tentu ini menjadi potensi bagi nelayan. Namun juga tidak terlepas dari kepedulianmasyarakat untuk menjaga lingkungan agar habibat ikan dan sumber daya lautlainnya tidak berkurang apalagi sampai hilang,” tandas Lilik.(LLJ)

Berita kirimanwarga : Gus ananta

Copyright @2016 FBn