Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » BW : Pilkada Serentak Mungkinkan Kemunculan Dinasti Baru

BW : Pilkada Serentak Mungkinkan Kemunculan Dinasti Baru

Serang,fesbukbantennews.com (9/8/2015) -Menurut mantan pimpinan KPK non aktif, Bambang Widjayanto, dalam perhelatan Pilkada serentak sangat besar kemungkinan munculnya dinasti politik baru, khususnya di Banten. Karena menurutnya, di seluruh Indonesia, ada sekitar 30 dinasti politik seperti yang ada di Banten.

Ilustrasi (net)

Ilustrasi (net)

“Di Indonesia ada sekitar 30 kasus (dinasti) seperti ini di Indonesia. Jadi dinasti ini hidup dan berkembang di sebagian daerah Indonesia. Di Indonesia itu kan ada, istri pertama nyalon (Pilkada), istri kedua nyalon. Ada juga suami istri nyalon,” kata pimpinan KPK non aktif, Bambang Widjayanto, saat menjadi pembicara dalam sebuah seminar di Kota Serang, Banten, Sabtu (08/08/2015).

Menurut pria yang akrab disapa BW ini, tahun 2015-2017 merupakan tahun politik yang sangat bisa dimanfaatkan oleh para calon inchumbent ataupun dinasti politik memanfaatkan dana proyek ‘mercusuar’ APBD untuk kepentingan kampanye calon tertentu.

“Tahun ini dan tahun depan itu ada Pilkada serentak, lalu duit nya dari mana. Pertama, kemungkinan pakai dana bansos dan hibah. Kemungkinan kedua, sumber daya alam, keluarkan ijin, lalu uang keluar. Ketiga; lihat di APBD, kalau ada proyek mercusuar, proyek-proyek besar yang sebenarnya kepentingannya tidak bermanfaat bagi masyarakat. Ada juga proyek yang susah pembuktiannya oleh penyidik, seperti pembibitan ikan,” terangnya.

Perilaku korupsi seperti itu akan sangat sulit diberantas tanpa dukungan politik dari pemerintah dan DPR-RI. Karena, banyak pejabat yang tak suka korupsi diberantas.

“Terlebih, lembaga pemberantasan korupsi tidak diberikan dukungan politik. Disi lain, penguasa tidak suka dengan adanya lembaga anti korupsi,” tegasnya.(dhyie/LLJ)

Copyright @2016 FBn