Bupati Serang Minta OPD Konsisten Jalankan Program

0
206

Serang, fesbukbantennews.com (12/3/2018) – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) konsisten dalam menjalankan programnya.Karena, Pemerintah Kabupaten Serang gencar menyoroti peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) yang menjadi program prioritas. Hal itu disampaikannya saat membuka Forum Gabungan Perangkat Daerah di Aula Tb Suandi, Senin (12/03/2018). Dalam pantuan, hadir Wakil Bupati Pandji Tirtayasa, Sekertaris Daerah Agus Erwana dan Kepala Bappeda Anang Mulyana.

Bupati Serang Rt Tatu Chasanah didampingi Wakil Bupati dan sekda Serang.

Tatu menjelaskan, pada forum gabungan perangkat daerah membahas rancangan rencana kerja perangkat daerah yang menjadi sasaran prioritas program, kegiatan perangkat daerah, dan sinergitas program antar perangkat daerah. “Forum gabungan perangkat daerah diselenggarakan dengan mengkombinasikan hasil musrenbang di kecamatan dan proses hasil reses DPRD Kabupaten Serang,” ungkapnya.

Selain itu, Ia menambahkan, pencapaian IPM bisa dilakukan dengan cara pembagian tugas kepada masing-masing OPD . “OPD sebagai pemegang kendali untuk pencapaiannya. Sehingga jangan sampai keluar jalur untuk target Infrastruktur, Kesehatan, Pendidikan, dan daya beli Sebagai tolak ukur peningkatan IPM,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi, program prioritas apa saja yang sudah berjalan. Ia mengatakan, infrastruktur jalan yang sudah berjalan sesuai arahan selain dari program tersebut belum terlaksana dengan baik. ”Pendidikan dan Kesehatan kami minta untuk detilkan datanya. Seperti, ruang kelas yang rusak ada berapa dan puskesmas yang perlu diperbaiki ada berapa. Sehingga harus jelas agar bisa dilakukan perencaan agar segera diperbaiki,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Anang Mulyana menuturkan, Forum Gabungan Perangkat Daerah ditunjukan agar menyelaraskan rencana program setiap OPD yang sesuai tugas pokoknya. “Sesuai dengan maksud penyelenggaraan kegiatan forum gabungan perangkat daerah ini, maka didalam menyusun rencana kegiatan tahun 2019, masing-masing mengakomodir program prioritas pada rancangan agar konsisten. Sehingga target rpjmd dan rkpd dapat terwujud,” katanya.

Menurut Anang, Kepala Perangkat Daerah ditunjuk untuk memaparkan rencana program dan kegiatannya pada tahun 2019 yang sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan kewenangan masing-masing, dan mengarah langsung pada upaya pencapaian sasaran pembangunan daerah tahun 2019.

“Rencana kerja disusun melalui kegiatan forum gabungan perangkat daerah ini akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan musrenbang rkpd yang akan digelar bersama-sama dengan perwakilan seluruh stakeholder di kabupaten serang,” ujarnya.(bknADV/LLJ)