Bupati Lebak Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid

0
319

Lebak,fesbukbantennews.com (2/3/2017) – Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya bersama jajarannya meresmikan Masjid Nurul Iman Pasir Bungur Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (1/3/2017) . Yang dananya bersumber dari masyarakat setempat sepenuhnya.

Masjid Nurul Iman Pasir Bungur Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, Banten

 

 

Di hadapan ratusan masayrakat, dalam pidatonya Bupati Lebab menjelaskan pentingnya peran masjid dalam peradaban perkembangan dunia islam bukan hanya sekedar tempat suci melaksanakan ibadah shalat dan mengaji, tapi juga sebagai pusat kehidupan masyarakat muslim dan tempat kegiatan-kegiatan ibadah lainya seperti perayaan hari besar islam, diskusi keagamaan, kajian agama, ceramah dan belajar Al’quran.

 

 

Lebih lanjut Bupati mneceritakan bahwa masjid pada jaman Rasulullah SAW, dijadikan pusat pemerintahan untuk mengatur kegiatan – kegiatan pendidikan, sosial dan ekonomi.

 

 

Di bidang pendidikan Rasulullah menjadikan masjid sekolah, pesantren dan masdrasah untuk mengajar keagamaan kepada para sahabat dan pengikutnya setelah melaksanakan ibadah shalat. Fungsi selanjutnya dibidang ekonomi, masjid digunakan sebagain baitul Mal yang mendistribusikan harta zakat dan sedekah kepada fakir miskin agar membantu masyarakat dari golongan  kurang mampu secara ekonomi dan terakhir masjid dijadikan tempat berkumpul dan bersilaturahmi kaum muslim.

 

 

Bupati mengingatkan kepada masyarakat, akan derasnya aliran Sekularisasidan pandangan hidup materialisme karena tanpa disadari hal-hal tersebut mengurangi peranan masjid dakam hidupan umat islam yang mempersempit bahkan peran masjid menjadi terpinggirkan.

 

 

“Besarnya gelombang sekularisasi yang mempengaruhi pandangan orang terhadap agama, telah menjadikan agama dan lembaga-lembaga agama hanya sebagai pelengkap dalam kehidupan. Ini yang harus  kita waspadai dan kita hadapi bersama,” ungkapnya.

 

 

Bupati mengapresiasi dan mengucapkan terim kasih kepada masyarakat Pasir Bungur khususnya Tokoh Keluarga Besar Pasir Bungur yang telah turut serta membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan yang salah satunya pembangunan manusia yang berakarakter

 

 

“Kami pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, namun perlu sinergitas dari masyarakat termasuk Keluarga besar masyarakat Pasir Bungur Cimarga beserta Tokoh-tokohnya untuk bersama-sama bertekad membangun lebak dengan percepatan pembangunan dan masyarakat dapat memakmurkan masjid yang baru ini.” Pungkasnya.

 

 

Tokoh masyarakat Pasir Bungur Hj. II Suptajiri yang juga donatur terbesar pembangunan Masjid Nurul Iman mengatakan pembangunan Masjid Nurul Iman merupakan masjid yang dibiayai oleh Keluarga Besar Pasir Bungur , sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap bidang keaagamaan dan juga turut serta membantu pemerintah dalam program menciptakan manusia yang berkarakter berakhlakul karimah.

 

 

“Masjid ini menelan biaya 1.6 Milyar rupiah dan kami berharap semoga masjid ini dapat bermanfaat bagi masyarakat” Pungkasnya. (Hmslbk/bukanADV/LLJ)