Bukan hanya koruptor, Bandar Narkoba Juga Punya Lapas Mewah: Punya Karaoke Hingga Biliar!

0
168

Jakarta, fesbukbantennews.com, (26/7/2018)- Sidak Dirjen PAS di Lapas Sukamiskin menemukan narapidana korupsi, dari Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) hingga Sanusi memiliki fasilitas mewah di dalam selnya. Tak hanya koruptor, bandar narkoba pun juga menikmati fasilitas mewah itu di sel mereka.

Logo BNN (Gambar Google)

“Ya sebenarnya kalau kita boleh berkomentar, sudah dari lama kita warning bahwa di lapas ini terjadi banyak penyimpangan. Bukan hanya adanya kamar atau sel-sel khusus yang istimewa, tetapi juga di sana ada peredaran, penyalahguaan narkoba, dan bahkan pada waktu-waktu yang lalu bisa ada pabrik narkoba di dalam lapas. Ini kan sebenarnya mengindikasikan kepada kita semua, masyarakat dan pejabatnya, bahwa di lapas itu terjadi banyak penyimpangan,” kata Deputi Pemberantasan BNN, Arman Depari di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (26/7/2018).

Arman menceritakan BNN bahkan pernah menemukan fasilitas karaoke hingga biliar di dalam Lapas. Bahkan ada kamera pengawas (CCTV) yang malah digunakan untuk memantau petugas pengawas.

“Kita pernah temukan di dalam ada karaoke. Kita pernah temukan di dalam ada biliar. Kita pernah temukan di dalam ada ruang sekretaris dari tahanan. Kemudian CCTV yang fungsinya mengawasi penjaga, bukan mengawasi tahanan,” ujarnya.

Arman mengatakan temuan-temuan itu sangat mencengangkan sebab di dalam lapas para bandar narkoba itu juga bisa mengurus bisnisnya dengan bantuan sekretaris. Dia juga berharap segera ada perbaikan dalam pengelolaan lapas.

“Ini sebenarnya sudah indikator yang sangat kuat sekali untuk dilakukan pemeriksaan dan pembersihan. Namun ternyata mungkin itu diabaikan, sehingga di tempat lain, karena yang sekarang digerebek itu atau digeledah itu bukan tahanan narkotika. Tapi saya kira kurang lebih itu sama,” terangnya.

Arman menambahkan saat sidak itu, pihaknya menemukan jual-beli fasilitas mewah di dalam sel bernilai ratusan juta. Bahkan, jual-beli itu dikoordinasikan oleh sesama narapidana.

“(Nilainya) Ratusan juta. Tapi pernah dari penyelidikan kita, memang ada nilainya, tapi itu dikumpulkan oleh sesama napi, dikoordinir oleh sesama napi,” terangnya.

Arman mengatakan pihaknya selalu melaporkan temuan sel mewah itu ke Kemenkum HAM. Arman menyesalkan temuan fasilitas sel mewah itu hanya dianggap angin lalu.

“Setiap kita melakukan tindakan kan kita langsung ekspos, dan anda pun dengar. Cuma permasalahannya ditindaklanjuti atau dianggap angin lalu. Sebentar berhenti nanti sudah reda lagi isunya, main lagi. Kan begitu,” ucapnya.

“Pada beberapa bulan yang lalu itu sudah pernah diekspos oleh pak kepala BNN yang lama. Kurang lebih ada 39 lapas yang terkait dengan peredaran narkoba ya, bukan yang lain,” sambung Arman.

Sumber : detik.com