BPK Diharapkan Terus Bina Pemprov Banten Demi Tingkatkan Tata Kelola Pembangunan

0
231

Serang,fesbukbantennews.com (13/2/2016) – Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Suharta menegaskan, Pemprov Banten saat ini sedang berupaya sekuat tenaga untuk meningkatkan kualitas tata kelola pembangunan daerah agar sesuai dengan norma, standar, prosedur serta seluruh perundang-undangan yang terkait. Hal ini dikatakan Sekda saat memberikan sambutan Gubernur pada acara pisah sambut Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten di Kantor BPK RI Banten, Palima Serang, Jum’at (12/02).

Sertijab BPK RI Perwakilan Banten.(foto:humas pemprov)
Sertijab BPK RI Perwakilan Banten.(foto:humas pemprov)

Berkaitan dengan hal tersebut, menurut Sekda, pihaknya sangat berahap kepada BPK RI Provinsi Banten dapat senantiasa memberikan pembinaan dan pendampingan kepada Pemprov Banten dan seluruh jajaran guna mewujudkan keinginan tersebut.

“Kami akan senantiasa siap untuk bekerjasama secara optimal dengan perwakilan BPK RI Banten dalam setiap tahapan atau proses pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian sampai dengan pelaporan pelaksanaan pembangunan, termasuk menyelesaikan seluruh temuan hasil pemeriksaan yang menjadi kewajiban Pemprov Banten,” jelasnya.

Setelah bertugas selama 15 bulan di Banten, Kepala BPK RI Perwakilan Banten Sunarto dipindah tugaskan menjadi Kepala BPK RI Perwakilan Lampung, sementara BPK RI Perwakilan Banten diisi oleh Yusnadewi yang sebelumnya bertugas di Bengkulu.

Sekda menjelaskan, hasil nyata peran BPK RI dibanten telah dirasakan bersama. Terbukti dari 8 (Delapan) daerah Kabupaten dan Kota di Banten, 4 (Empat) diantaranya telah mendapatkan opini WTP untuk laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2014. Kondisi ini lanjut Sekda, cukup mengembirakan serta menumbuhkan optimisme bersama, bahwa opini WTP dari BPK RI bukan hal yang mustahil untuk dicapai oleh seluruh Pemda se-Banten kedepan.

“Capaian ini juga tidak terlepas dari peran dan pembinaan yang telah dilaksanakan oleh BPK RI perwakilan banten selama ini kepada seluruh pemerintah daerah,” ujarnya.

Berkaitan denga acara sertijab kepala perwakilan BPK RI Banten, Sekda Banten mengucapkan apresiasi dan penghargaan kepada Sunarto atas dedikasi dan kerjasama serta bantuan yang telah diberikan kepada Pemprov Banten selama ini.

“Kami juga mengucapkan selamat bertugas serta mengabdi kepada Ibu Yusnadewi. Mudah-mudahan kinerja yang selama ini sudah baik semakin menjadi lebih baik lagi. Yang terpenting adalah menjadi mitra pemerintah daerah se-banten dalam
mengakselerasi pelaksanaan pembangunan daerah,” harapnya.

“Semoga setiap upaya kita mewujudkan tata kelola pembangunan yang akuntabel dapat diwujudkan,” tambahnya.

Sementara Mantan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi  Banten, Sunarto meminta kepada Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Banten yang baru, Yusna Dewi untuk fokus terhadap pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Banten Tahun Anggaran 2015.

“Yang pasti soal pemeriksaan LKPD yang sedang berlangsung, sejauh ini kan baru pendahuluan masih jauh, saya harap tahun ini bisa lebih baik opininya,” kata Sunarto

Sunarto melanjutkan, Yusna diharapkan terus memberikan arahan dan pengawasan terhadap Pemprov Banten dalam penyusunan LKPD tersebut agar opini BPK terhadap LKPD tersebut bisa lebih membaik dari tahun-tahun sebelumnya. “Sebetulnya prinsipnya melanjutkan yang sebelumnya, masalah-masalah masih ada yang belum diselesaikan itupun harus menjadi perhatian,” katanya.

Kepala BPK RI Perwakilan Banten Yusnadewi akan mengikuti rencana kerja yang telah ditetapkan di BPK, dirinya akan melanjutkan hal apa saja yang belum diselesaikan saat masa kepemimpinan Sunarto. “Melanjutkan aja, kan sudah Ada rencana kerja,” singkatnya.(hmsbtn/LLJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here