BLH Cilegon Tak Ada Dana Hentikan Pembersihan Limbah,Warga Siap-siap Hirup Bau Busuk

0
678

Cilegon,fesbukbantennews.com (2/9/2015) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Cilegon kembali melakukan pembersihan cairan limbah industri yang dibuang orang tidak bertanggung jawab di pinggir Jalan Tol Tangerang-Merak yang berdekatan dengan perumahan Taman Cilegon Indah dan yayasan pendidikan Bosowa Al-Azhar di Kelurahan Sukmajaya,Kecamatan Jombang,Kota Cilegon, Selasa 1 September 2015.

Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

Upaya penyedotan cairan limbah di gorong-gorong air merupakan upaya terakhir yang dilakukan pihak BLH Kota Cilegon,karena tidak ada dana untuk pemulihan lingkungan selanjutnya.

“Karena anggaran minim, ini adalah upaya terakhir yang dilakukan,” jelas Kepala BLH Kota Cilegon Epud Saefudin yang memantau  penyedotan limbah yang ke tiga di Kelurahan Sukmajaya.

Warga menyayangkan sikap BLH yang tidak tuntas menyelesaikan pemulihan dan pembersihan cairan limbah di wilayah mereka. Cairan yang menimbulkan bau busuk menyengat membuat sekitar perumahan dan para murid di yayasan Bosowa Al-Azhar terganggu.

Warga dan pihak sekolah meminta penanggulangan pencemaran limbah diselesaikan BLH atau perusahaan yang membuang limbah, mereka yakin sebenarnya BLH Kota Cilegon mengetahui pihak  perusahaan  yang membuang limbah. Dari hasil identifikasi sementara cairan limbah tersebut merupakan limbah cair dari perusahaan pengolahan gula atau jagung.

“Kita minta pembersihannya sampai tuntas dan bersih oleh BLH atau perusahaan yang membuang limbah, sehingga warga tidak lagi terganggu oleh bau yang ditimbulkan oleh limbah,” ungkap Teguh Ketua RW 05 kelurahan Sukmajaya.

Teguh juga menilai, BLH Kota Cilegon tidak berani mengungkap dan mengusut tuntas hingga penindakan tegas terhadap perusahaan yang sudah membuang limbah sembarangan.

Dihentikannya upaya pembersihan cairan limbah di Sukmajaya hanya persoalan ketiadaan dana,membuat warga sekitar siap-siap  lebih lama menghirup udara bau busuk yang menyengat.

Dari tiga kali pembersihan yang dilakukan pihak BLH Kota Cilegon,penyedotan pertama diangkat limbah cair sebanyak 21 ton dan kegiatan penyedotan ke 2 mencapai 20 ton. (kuk/LLJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here