Besok,5000 Warga Cikande Aksi Stop Pencemaran Limbah Kotoran Ayam

0
294

Serang,fesbukbantennews.com (18/1/2017) – Aksi Damai stop pencemaran udara limbah kotoran ayam yang dilakukan oleh PT. Gizindo Sejahtera Jaya yg berlokasi di Desa Panamping Kecamatan Bandung, kabupaten Serang,akan dilaksanakan pada hari kamis 19 Januari 2017 dengan masa aksi 5000 peserta. 

Siswi SMAN 1 Cikande Kabupaten serang terpaksa belajar menggunakan masker Akibat pencemaran kotoran ayam oleh PT GSJ.

 

 

Tokoh pemuda Panamping ,Sahrul Fauzan melalui rilisnya kepada FBn menjelaskan,massa aksi menuju kantor Bupati Serang dengan konvoi kendaraan sepeda motor. Perusahan yang diduga melanggar ketentuan Undang-Undang No. 32/2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, saat ini masih tetap beroperasi.

 

 

“Para peserta aksi yaitu warga masyarakat Desa Cikande Permai, Desa Cikande, Desa panamping, Desa Leuwi limus, Desa Situterate, Desa Parigi, Desa Sukatani, dan DesaNambo udik. Merkea akan menyampaikan hak serta keluhan mereka akibat pencemaran udara yang dilakukan oleh PT. GSJ Kepada Bupati Serang tepatnya di depan Alun-alun Kota serang.

 

 

Sebagaimana,lanjut Sahrul, yang disebutkan dalam Undang-Undang No. 32/2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pasal 65

Ayat 1.

 

 

“Setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari hak asasi manusia. Dan

Ayat 3 ,setiap orang berhak mengajukan usul dan/atau keberatan terhadap rencana usaha dan/atau kegiatan yang diperkirakan dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup,” jelasnya.

 

 

Limbah bau kotoran ayam yang telah lama bergentayangan di empat Kecamatan tersebut,lanjut Sahrul, salah satunya Kecamatan Cikande sudah menimbulkan keresahan masyarakat, aroma limbah kotoran ayam PT. GSJ kalau dibiarkan dikhawatirkan dapat menimbulkan berbagai penyakit pernapasan karena aroma bau yg sangat menyengat.

 

 

 

“Belum lama ini salah satu siswi SMAN 1 Cikande mendadak pingsan akibat menahan baunya limbah kotoran ayam, tidak dipungkiri aroma limbah yg selalu datang tiba-tiba bukan saja mengganggu lingkungan penduduk tetapi para peserta didik baik SD, SMP dan SMA khususnya yg berada diwilayah tercemari limbah bau kotoran ayam sangat menggangu aktifitas belajar mereka di sekolah,” tegasnya.

 

 

Dengan aksi Damai tersebut,tukas dia, masyarakat berharap Bupati dan para pejabat yang berwenang diwilayah Kabupaten serang dapat memberikan solusi dan ketegasan kepada pihak Perusahaan PT. GJS.(LLJ)