Berdayakan Petani Lokal, Bupati Serang Launching Beras Jaseng

0
316

Serang,fesbukbantennews.com (11/4/2018) – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan intruksi kepada Aparatur seluruh Sipil Negara (ASN) Pemkab Serang untuk mengkonsumsi beras yang dihasilkan dari petani lokal di Kabupaten Serang. Hal itu dikatakannya saat launching beras Jawara Serang (Jaseng) di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Rabu (11/04/2018).

Bupati Serang Rt Tatu Chasanah dengan beras Jaseng.

Terpantau, Ketua Dewan DPRD Kabupaten Serang Mukhsinin, Kepala Dinas Pertanian Dadang Hermawan, Sekertaris Komunitas Penggilingan Padi dan Beras Mandiri (KPPBM) Anis Fuad, dan Puluhan petani Kecamatan Kramatwatu.

Tatu menjelaskan, Beras Jaseng diproduksi oleh petani yang tergabung dalam KPPBM yang telah diresmikannya pada bulan Juni 2016 lalu dan dipasarkan Koperasi Gemah Ripah Setda Kabupaten Serang. “Kita bantu petani dengan memasarkan secara langsung. Kalau kita tidak bisa mandiri maka terjajah dan jangan sampai ekonomi kita bergantung dari negara lain,” ungkapnya saat sambutan depan puluhan petani.

Selain Koperasi Gemah Ripah. Ia juga berencana, akan memasarkan produk beras Jaseng ke Dinas, Perusahan, Supermarket, dan Hotel di Kabupaten Serang untuk menggunakan beras Jaseng. Pasalanya, Pada Tahun ini Pemkab Serang menargetkan produksi padi sebesar 520 ribu ton gabah kering giling (GKG) atau setara dengan 266. Ribu ton beras. “Dengan beras Jaseng, Pemkab bisa menyediakan beras premium dengan harga dibawah harga pasar. Sehingga, masyarakat dapat menikmati beras kualitas baik dengan harga terjangkau dengan memberdayakan petani padi dan petani pengelola penggilingan padi,” imbuhnya.

Setelah launching, Bupati Serang mengajak seluruh tamu undangan untuk makan bersama ditengah sawah dengan alas daun dengan lauk yang beragam. Sambil menikmati hidangan, Tatu mengatakan bahwa yang dikonsumsi adalah beras Jaseng. “Pulen kan yah nasinya, ini hasil petani disini dan tidak kalah enaknya dengan beras karawang,” katanya.

Sementara itu, marketing KPPBM, Anis Fuad mengatakan, kebutuhan ASN di Kabupaten Serang mencapai 50 ton beras. Sehingga, Ia optimis akan meningkatkan produksi dalam menyediakan beras sesuai kebutuhan . “ Awal launching ini kita kirim 10 ton dulu dan akan ditambah 50 ton setelah kerjasama sudah berjalan dengan baik,” ujarnya.

Fuad berharap, harga yang dijual beras Jaseng kategori premium Rp. 11 ribu per kilo dan kerjasama dengan koperasi bisa terus berlanjut agar petani merasa aman ketika produksi. “Pembayaran yang dilakukan oleh koperasi maksimal tiga hari setelah pengiriman agar kita juga tidak kekurangan modal saat produksi,” ucapnya.(pemkabSRG/bknADV/LLJ).