Banten Lama Jadi Kawasan Wisata Spektakuler Jika Ditata dan Dikelola Dengan Baik

0
219

Serang,fesbukbanteennews.com (31/3/2016) – Kawasan Banten Lama merupakan peninggalan sejarah masa lalu dalam bentuk perkotaan yang sangat lengkap, ada istana, benteng, masjid, vihara, danau, kanal, dan lainnya. Tak ada peninggalan sejarah di indonesia yang lengkap kecuali di Banten. Dan hal ini akan menjadi kawasan wisata spektakuler di Indonesia jika ditata dan kelola dengan baik.

FGD Bio humas dan protokol Pemprov Banten bersama wargaa kota Serang di Aula Kecamatan Kasemen.(LLJ)
FGD Bio humas dan protokol Pemprov Banten bersama wargaa kota Serang di Aula Kecamatan Kasemen.(LLJ)

Demikian dikatakan Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten Yoesoef Boedi Ariyanto, saat Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Biro Humas dan Protokol Banten di Aula Kecamatan Kasemen, Kamis (31/3/2016).

“Jika ditata dan dikelola baik tentu kawasan ini akan menjadi sangat spektakuler,” ujarnya.

Yoesoef juga mengatakan, pariwisata bisa dijadikan ujung tombak untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Senada dikatakan Kepala Balai Budaya Disbudpar Banten, Ujang Rafiudin, menurutnya, Banten Lama harus ditata menjadi lebih baik agar kawasan ini  menjadi spektakuler sehingga semakin banyak wisatawan yang datang.

“Ruh Banten harus kelihatan dalam penataan kawasan Banten Lama. Ruh ini dimunculkan dalam bentuk kebudayaan,” ujarnya.

Sementara, menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Djoko Soetrisno , Pemkot Serang dalam waktu dekat penataan yang akan melakukan penataan di Kawasan Banten Lama. Antara penataan PKL, pengadaan Toilet dan PJU.

“Jangka menengah adalah membuat masterplan penataan kawasan, kita akan jabarkan nanti siapa akan berbuat apa di kawasan tersebut. Dan pada jangka panjang akan melakukan penataan menyeluruh,” kata Joko.

Menurut Camat Kasemen Subagyo, penataan kawasan banten lama harus sinergi semua pihak, tidak hanya pemda dan pemerintah pusat tapi juga perlu dukungan masyarakat.

“ Oleh karena itu, demi kepentingan bersama dan menumbuhkan kembali nama besar Banten, harus disamakan persepsi penataan kawasan Banten Lama ini, ” katanya. (LLJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here