Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Banjir Bandang Lumpur Terjang Rumah 395 KK di Padarincang

Banjir Bandang Lumpur Terjang Rumah 395 KK di Padarincang

Serang ,FESBUK BANTEN News (19/2/2015) – Ratusan rumah yang ditempati 395 kepala keluarga (KK) di Desa Sukamaju, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang terkena banji lumpur. Lumpur dari banjir bandang yang datang, Rabu (18/2/2015) malam kemarin tersebut menggenangi ratusan rumah dan jalanan di Desa tersebut.

Kondisi banjir air bercampur lumpur di Sukamaju Padarincang, Kamis (19/2/2015).(LLJ)

Kondisi banjir air bercampur lumpur di Sukamaju Padarincang, Kamis (19/2/2015).(LLJ)

Banjir bandang sendiri berasal dari Gunung Jalu dan meluapnya Sungai Cikalumpang. Yang ketinggiannya mencapai 1 meter.
“Ujan nya ga seberapa, tapi gara-gara ujan di gunung, air nya pada turun kesini,” kata warga setempat, Jubaedah (45), saat ditemui di kediamannya, Kamis (19/2/2015).

Menurut penuturan warga, banjir memang kerap merendam perkampungannya setiap tahun dan tak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah Kabupaten Serang.

“Pengennya mah di bangun tanggul, dari pada di kasih bantuan (makanan), mendingan di bangun tanggul biar ga banjir terus (sungai kalumpang),” terangnya.

Warga pun enggan mengungsi karena khawatir kalau meninggalkan rumahnya, banjir semakin meninggi dan merusak barang-barang yang ada di dalam rumah warga.

“ga ngungsi, ngungsi kemana, tempatnya disini,” tegasnya.

Bahkan, banjir ini pun memutuskan akses jalan warga yang terendam banjir. Bahkan, kendaraan yang memaksa melintas akan mogok karena tinggi nya air.

Sekolah pun diliburkan karena terendam banjir. Anak-anak sekolah pun memilih mencari ikan guna mengisi waktu dan lauk makan karena warga tak bisa kemana-mana.

“Nyari ikan buat dimakan. Ibu nya ga bisa belanja. Kursi nya di tumpuk, tidur nya di kursi,” kata Hidayatullah (12), murid kelas lima SD Sukamaju, Kamis (19/02/2015).

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan, banjir merendam kampung Sukamaju, Citasuk, Suarna, Ciseke, Batukung, Bayur, dan Kalumpang.(LLJ)

Copyright @2016 FBn