Arak-arakan Panjang Mulud Warga Safira Kota Serang Meriah

0
285

Serang,fesbukbantennews.com (4/12/2018) – Meski peringatan maulid nabi Muhmad SAW telah berlalu, namun antusias warga Permata Safira, RT 04 RW 06 Kota Serang untuk melestarikan tradisi panjang mulud dibulan Maulid Nabi Muhamad Saw sangat tinggi.

Panjang mulud salah satu warga perumahan Safira kota Serang.

Minggu, 2 Desember 2018 Ratusan warga dari sejumlah kampung yang ada di sekitar Perumahan Safira, Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang Banten mengantri berjam – jam bahkan berdesak – desakan untuk mendapat paket sembako pada panjang mulud yang diadakan warga RT 04 RW 06, pengurus DKM Mushola Al-Ikhlas, perumahan Permata Safira Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang Banten.

Sebelum tradisi panjang mulud dimulai, warga dari sejumlah kampung ini sudah berduyun – duyun datang untuk mengantri paket sembako.

Sebanyak 13 panjang mulud beragam bentuk berisi paket sembako, pakaian, uang , dan peralatan dapur  disediakan warga RT 04 RW 06, DKM Mushola Al – Ikhlas,  Permata Safira untuk melestarikan tradisi panjang mulud yang diadakan pada moment peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW. Paket sembako panjang mulud kemudian disedekahkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sebelum disedekahkan kepada warga,  13 panjang mulud berisi sembako diarak keliling perumahan  dengan kendaraan pickup, dan diiringi lantunan  sholawat.

Peringatan panjang mulud tampak guyub, ketika warga Rt 04 Rw 06 yang merupakan jamaah Mushola Al- Ikhlas , Permata Safira dari ibu rumah tangga, hingga anak – anak ikut meramaikan pawai panjang mulud.

Sebanyak 13 replika panjang mulud setelah di arak keliling perumahan, lalu disimpan teras Mushola Al – Ikhlas. Sembako sumbangsih warga setempat dikumpulkan lalu disedekahkan pada ratusan warga yang membutuhkan.

Tradisi panjang mulud tahun 2018 ini sudah sepuluh kali diadakan warga Rt 04 Rw 06, jamaah Mushola Al Ikhlas, Permata Safira, Sepang, Taktakan, Kota Serang Banten.

“Panjang mulud sudah menjadi rutinitas tahunan warga setempat dan diadakan untuk melestarikan tradisi pada peringatan maulid nabi Muhamad SAW. Tujuanya untuk meningkatkan ukuwah islamiah, mempererat silaturhami antar warga dan moment  untuk bersedekah,” kata ketua pelaksana, Yudi Hayatullah.

Yudi juga mengatakan, kegiatan panjang mulud yang diadakan warga rt 04 rw 06 Permata Safira setidaknya diapresiasi oleh berbagai pihak,  karena bantuk peran aktif masyarakat dalam melestarikan tradisi masyarakat Banten khususnya Serang, sejak masa Kesultanan Banten.

Ketua RT 04 RW 06 Pudjo Karahmat menerangkan,tradisi panjang mulud ini akan terus diadakan warga RT 04 RW 06 Jamaah Mushola Al – Ikhlas perumahan Permata Safira, Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang setiap tahun, dari generasi ke generasi.(masjoko/LLJ)