Anyer Krakatau Culture Festival Tarik Wisatawan dan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

0
220

Serang,fesbukbantennews.com (22/9/2018) – Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kepada pihak yang berjasa memberikan kontribusi kepada Kabupaten Serang, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan penghargaan kepada 13 pendekar perumus silat keserangan, toilet bersih objek wisata, pegiat sosial dan komunitas sosial media. Hal itu, dilakukan saat gala diner AKCF 2018 di Hotel Mambruk, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang. Turut hadir, Asistan Daerah (Asda) I Provinsi Banten Anwar Mas’ud, seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang, kalangan pengusaha, aktivis sosial, dan pegiat sosial media.

Gala diner AKCF 2018.

Tatu menjelaskan, Rangkaian event tahunan Anyar Krakatau Culture Festival (AKCF) bukan hanya berpotensi menarik minat wisatawan. Namun juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa rangkaian event AKCF yang melibatkan wisatawan lokal dan luar daerah. Selain itu, Pemkab Serang menampilkan seni budaya dan produk unggulan UMKM Kabupaten Serang sebagai promosi kepada wisatawan. “Kita perkenalkan kepada masyarakat luas bahwa kita punya produk unggulan,” ungkapnya saat memberikan sambutan Jumat, (22/09/2018) malam.

Menurutnya, Kabupaten Serang juga memiliki potensi wisata yang luas. Seperti, pantai, air terjun, hingga pemandian air panas dan memiliki makanan khas yang tidak kalah dengan daerah lain. “Kita juga punya kesenian debus yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya, bahkan mungkin di dunia,” katanya.

Ia menilai, Seluruh rangkaian AKCF bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Serang. “Dengan banyaknya wisatawan yang masuk, ekonomi masyarakat akan semakin meningkat, produk lokal juga akan semakin dikenal,” jelasnya.

Tatu menambahkan, potensi di Kabupaten Serang akan terus diekspose kepada masyarakat luas. Sehingga, Pemkab Serang akan terus menyelenggarakan kegiatan AKCF sebagai salah satu upayanya. ” kita evaluasi terus kegiatan ini, supaya lebih meriah lagi,” pungkasnya.

Asda I Pemprov Banten Anwar Mas’ud mengapresiasi kegiatan yang dibuat oleh Bupati Serang. Pasalnya, kegiatan tersebut mendongkrak pariwisata dan memperkenalkan seni budaya Kabupaten Serang ke luar daerah. “Festival ini merupakan lokomotif yang luar biasa dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, ” katanya.

Anwar menuturkan, AKCF memiliki daya magnet menarik wisatawan baik domestik maupun luar negeri yang berdampak kepada perekonomian akan tumbuh pesat melalui pariwisata. “Mudah-mudahan di tahun berikutnya bisa terus diselenggarakan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia AKCF 2018, Agus Erwana mengatakan, AKCF merupakan kegiatan bersama seluruh OPD Pemkab Serang dan kekompakan dari seluruh OPD untuk membangun Kabupaten Serang. “Saya berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat untuk mensukseskan acara ini,” katanya.

Diketahui, beberapa rangkaian AKCF akan terus berlangsung dengan rangkaian kegiatan bakar ikan, lomba burung kicau Bupati Cup, dan Anyer Krakatau Adventure Destination.(pkbSRG/bknADV/LLJ