Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Andika dan Airin Dampingi Menkes Buka Simulasi Penanggulangan EPI
Didampingi Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, menkes memencet tombol alarm simulasi penanggulangan EPI.

Andika dan Airin Dampingi Menkes Buka Simulasi Penanggulangan EPI

Tangerang,fesbukbantennews.com (19/9/2017) – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Nila F. Moeloek membuka kegiatan simulasi penangulangan episenter pandemi influenza (EPI) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Didampingi Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, menkes memencet tombol alarm simulasi penanggulangan EPI.

Pembukaan simulasi ditandai dengan memencet alarm bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Walikota Airin Rachmi Diany Gedung Graha Widya Bakti, Puspitek, Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel, Selasa (19/9/2017).

“Simulasi Penanggulangan Episenter Pendemi Influenza akan terselenggara pada 19-20 September, Simulasi ini mencakup semua komponen dalam manajemen risiko pandemi dengan pendekatan Whole Society. Artinya, simulasi ini melibatkan seluruh komponen dan lintas sektor, mulai dari tingkat pusat hingga masyarakat,” ujar Nila.

Menkes juga menjelaskan bahwa dipilihnya daerah Tangerang sebagai lokasi simulasi, karena kasus pertama flu burung di Indonesia pada 2005 lalu terjadi di Tangerang. Meski diselenggarakan di Tangerang Selatan, simulasi ini dapat diadaptasi oleh provinsi maupun Kabupaten/ Kota lain di Indonesia.

Dikesempatan yang sama, Wagub menjelaskan bahwa dari 2005 hingga 2017 di Provinsi Banten terjadi 34 kasus avian influenza, dimana 31 diantaranya meninggal dunia. Mengingat hal tersebut Wagub berharap dapat lebih meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pencegahan penyebaran avian influenza.

“Dalam konteks ini, Provinsi Banten menjadi provinsi ketiga tertinggi (Rawan penyebaran) setelah DKI dan Jawa Barat. Tentunya ini menjadi konsen kita bersama. Untuk itu perlu rasanya duduk bersama antara Pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan influenza,” ujarnya.

Usai seremoni acara, Menkes didampingi Wagub beserta rombongan langsung meninjau lokasi simulasi guna melihat langsung kesiapan penanggulangan.(humas/bknADV/LLJ).

Copyright @2016 FBn