Ace Hasan : Dana Desa Harus Atasi Kesenjangan Ekonomi

0
197

Pandeglang,fesbukbantennews.com (28/7/2017) – Dana desa yang kini setiap tahun  diturunkan dari APBN ke setiap desa di Indonesia harus dapat mendorong pertumbuhan ekonomi desa. Dana desa diharapkan menjadi stimulan bagi proses tumbuhnya ekonomi dalam masyarakat. Demikian disampaikan Dr. Tb. Ace Hasan Syadzily M.Si, Anggota Komisi II DPR RI, dalam acara Silaturahmi dan Tasyakuran HUT Desa Bulagor, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Kamis 26/7/2017, yang dihadiri Camat Kecamatan Pagelaran Marda, Kepala Desa Bulagor E Jaenudin, tokoh ulama dan ratusan masyarakat desa tersebut. 

Silaturahmi dan Tasyakuran HUT Desa Bulagor, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Kamis 26/7/2017.

“Dengan adanya dana desa seharusnya dapat mengatasi persoalan yang dihadapi negara, yaitu kesenjangan desa kota” kata Anggota DPR RI daerah pemilihan Banten I ini.

Ace meminta kepada para Kepala Desa agar dana desa dipergunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan peraturan yang berlaku. “Dana desa merupakan dana rakyat yang seharusnya dipergunakan untuk kepentingan masyarakat” tambah Politisi Partai GOLKAR ini.

Ace menekankan agar dana desa dipergunakan selain untuk membangun infrastruktur dasar desa, juga untuk mendorong produktivitas ekonomi desa yang berorientasi pada penciptaan lapangan kerja. “Kita ingin desa juga dapat memanfaatkan potensi ekonomi desa yang dapat menciptakan lapangan kerja” ujar Wakil Sekjen DPP Partai GOLKAR ini.

Pada bagian yang sama, Ace juga meminta masyarakat ikut mengawasi penggunaan dana desa. Ace meminta agar masyarakat berpartisipasi aktif  untuk mengawasi penggunaan dana desa.

“Bila perencanaan penggunaan dana desa tidak transparan dan terbuka, apalagi pada praktik ditemukan ada penyimpangan, laporkan kepada pihak yang berwenang” pungkas Ace Hasan Syadzily.

*Infrastruktur Jalan*

Pada acara tersebut, Kepala Desa Bulagor E Jaenudin mengapresiasi kehadiran Anggota DPR RI dalam acara tersebut. “Ini baru pertama kali, seorang wakil rakyat dari pusat menghadiri acara di desa yang dikategorikan sebagai desa sangat tertinggal” kata Enting Jaenudin yang disamut tepuk tangan hadirin.

Enting juga menitipkan agar pembangunan infrastruktur jalan, terutama yang menghubungkan desa Bulagor dari Pagelaran segera diperbaiki dan jalan utama Provinsi Bama-Pagelaran.

Pada bagian yang sama, Kepala Desa yang baru terpilih dua tahun yang lalu itu melaporkan tentang manfaat yang dirasakan dari dana desa tersebut. “Alhamdulillah, kami memiliki kantor desa yang representatif berkat dana desa dan gotong royong masyarakat Bulagor” kata Enting Jaenudin.

“Kami kini sedang membangun embung desa untuk menampung air agar menambah produktivitas pertanian di desa kami” ujarnya

Dalam memperingati HUT desa Bulagor ini juga diselenggarakan berbagai kegiatan antara lain lomba Bola Voli, Kasidah dan lain-lain. Acara diakhiri dengan pengajian yang berisi taushiah oleh KH Syamsul Hadi dari Cikedal Pandeglang (zam/LLJ)