Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » 35 Warga Korban Kebakaran Belum Dapat Bantuan, Camat Labuan : BPBD Pandeglang Tak Ada Kendaraan

35 Warga Korban Kebakaran Belum Dapat Bantuan, Camat Labuan : BPBD Pandeglang Tak Ada Kendaraan

Pandeglang,fesbukbantennews.com (30/9/2015) – Sebanyak 35 warga korban kebakaran di Kampung Karangsari RT.01/07 Desa Cigondang, Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, saat ini masih dalam keadaan kebingungan mencari tempat tinggal dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari. Karena sejak terjadinya bencana kebakaran pada Senin kemarin sampai saat ini, belum mendapakan bantuan apapun dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang.

Lokasi kebakaran di Cigondang, Labuan, Pandeglang.(LLJ)

Lokasi kebakaran di Cigondang, Labuan, Pandeglang.(LLJ)

Sementara menurut informasi, BPBD Pandeglang belum bisa mengirimkan bantuan, dengan alasan tidak ada kendaraan operasional untuk mengangkut bantuan tersebut.
Ditemui di lokasi kejadian Selasa (29/9/2015) sore, ketua RT. 01 Kampung Karangsarai, Desa Cigondang Iyang Suadi mengungkapkan para korban kebakaran bingung dengan nasibnya. Selain tempat tinggalnya rata dengan tanah,mereka tak mempunyai makanan serta sandang.

Ke-35 warga dari 7 keluarga yang rumahnya rata dengan tanah tersebut belum tersentuh bantuan dari pemerintah setempat.

“Untuk sementara kami mengungsikan para korban di rumah sodaranya masing-masing, dan ada juga yang mengungsi di rumah tetangganya. Kalau untuk makan sehari-hari para korban, dibantu oleh warga yang ada disekitaran kampung. Tapi, bantuan yang diberikan oleh para tetangga tidak bisa sepenuhnya, sepengetahuan saya belum ada bantuan dari Pemkab,” kata Iyang, Selasa (29/9).

Iyang menegaskan, korban kebakaran tersebut sangat butuh bantuan untuk kebutuhan sehari-hari. Karena pada saat kejadian, rumah serta isinya tidak ada yang bisa diselamatkan, kondisi saat ini mereka sudah tidak memiliki apa-apa lagi.

Oleh karena itu, tegas Iyngg, pihaknya berharap kepada pihak Pemkab agar segera menurunkan bantuan tersebut, supaya para korban tidak terlalu mengalami kesulitan untuk makan, kata Iyang.

“Saya juga merasa prihatin dengan kondisi para korban saat ini, jangankan kebutuhan yang lain seperti pakaian, tempat tinggal dan peralatan rumah tangga, untuk makan sehari-hari saja mereka kesulitan. Karena bantuan dari Pemerintah ini belum ada, maka dari itu kami meminta secepatnya pemerintah turun tangan,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Cigondang Kecamatan Labuan, Muhaemin mengaku, memang bantuan untuk para korban kebakaran saat ini belum ada. Informasi yang diterimanya dari pihak Kecamatan itu sudah ada, hanya saja belum turun kepada para korban. Dia juga tidak tahu percis hambatan bantuan itu belum turun, kata Muhaemin.
“Ya benar para korban belum mendapatkan bantuan, tapi Informasi yang saya terima katanya bantuan sudah ada, paling lambat mungkin besok akan diturunkannya. Kalau soal hambatan lambat bantuan saya kurang tahu percis, coba saja tanya ke pihak Kecamatan,” ujarnya.

Sementara, Camat Labuan Deni Subrata mengatakan, bantuan terhadap korban kebakaran sudah ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, tapi belum diturunkan karena pihak BPBD sendiri tidak bisa langsung menurunkan bantuan tersebut, dengan alasan tidak ada kendaraan operasionalnya, kata Deni.

“Katanya sih BPBD tidak bisa langsung menurunkan, karena tidak ada kendaraan operasional dan harus dari pihak kami yang mengambil bantuan itu. Rencananya bantuan itu akan kami ambil besok (hari ini,red)” kilahnya.(penk/LLJ)

Copyright @2018 FBn